//Kamu Harus Tahu! Ini Penyebab Mengapa Australia Disebut Benua dan Greenland Disebut Pulau

Kamu Harus Tahu! Ini Penyebab Mengapa Australia Disebut Benua dan Greenland Disebut Pulau

Pernah tidak kita bertanya kenapa Australia disebut benua dan bukan pulau? Atau pernahkah kita berpikir mengapa Greenland disebut pulau padahal jika dilihat dari peta Greenland nampak lebih luas daripada Australia? Pasti banyak dari kita yang berpikiran seperti itu. Tapi, benarkah Greenland lebih luas dari Australia?

Ternyata tidak. Luas Australia adalah 7,7 juta km² sedangkan luas Greenland lebih kecil yaitu 2,16 juta km². Setelah tahu luas keduanya pasti pertanyaan yang muncul di pikiran kita adalah “Bagaimana bisa Australia lebih luas padahal di peta sendiri jelas terlihat Greenland yang lebih luas?”.

Itu bisa terjadi karena bumi ini bulat dan jika direpresentasikan ke bentuk yang datar maka akan terjadi distorsi. Bagian yang mendekati kutub akan menjadi “melar” dan terlihat lebih besar dibanding aslinya. Itu lah mengapa Greenland terlihat lebih besar di peta ketimbang Australia padahal luas Greenland jauh lebih kecil dari luas Australia.

Terlepas dari hal itu, memangnya apa yang membuat sebuah daratan bisa disebut sebagai benua?

Menurut KBBI, benua adalah bagian bumi berupa tanah atau daratan yang sangat luas sehingga bagian tengah benua itu tidak mendapat pengaruh langsung dari angin laut. Dilansir dari situs britannica,co, sebenarnya tidak ada definisi yang pasti dari sebuah benua. Namun para ahli biasanya menggunakan beberapa kriteria dalam membedakan benua.

  1. Kriteria Geografi
    Biasanya dalam membedakan sebuah benua para ahli melihat lempeng tektonik dari sebuah daratan. Australia sendiri berada di lempeng teknonik yang terpisah dari benua Asia sementara Greenland berada di satu lempeng yang sama dengan benua Amerika.
  2. Kriteria Flora dan Fauna
    Setiap benua memiliki ragam flora dan faunanya sendiri yang tidak ada di benua lain. Oleh karena itu Australia dianggap sebuah benua karena flora dan faunanya tidak terlihat di benua lain.
  3. Kriteria Etnis dan Budaya
    Selain memliki flora dan faunanya khasnya sendiri, setiap benua juga memiliki etnis dan budaya yang berbeda dari benua lain. Di Australia sendiri terdapat suku Aborigin, penghuni asli Australia yang hanya bisa ditemukan di tempat tersebut. Berbeda dengan Greenland yang berpenduduk asli suku Inuit. Suku Inuit bisa ditemukan di tempat selain Greenland seperti, Kanada dan Alaska.

Itu lah beberapa alasan mengapa Australia disebut benua dan bukan pulau. Semoga saja ringkasan di atas bisa menjawab pertanyaan yang ada di pikiran kita semua.
Sekian, terima kasih.