//MEDIA DACRON Pengganti Rockwool

MEDIA DACRON Pengganti Rockwool

loading...

Langsung saja ya kita bahas tekniknya :
Kali ini kita akan menanam kangkung dengan menggunakan media dacron sebagai media tanam dalam system hidroponik

1. Siapakan dacron jenis lembaran (seperti isi bed cover), potong ukuran 8×8 cm lalu belah lapisannya setipis yang anda mampu tapi jangan sampai ada yang bolong pada hasil belahannya seperti contoh pada gambar 1, 2 dan 3.

2. Pasang sumbu dengan menggunakan kain flanel pada netpot dan Masukkan lembaran dacron ke dalam netpot dan upayakan posisinya membentuk mangkok mengikuti bentuk dasar netpot seperti contoh pada gambar 4,5 dan 6.

3.Letakkan pada nampan yang digenangi sedikit air agar dacron tetap basah. Taburkan sekitar 12 sd 15 biji kangkung di dalamnya, Dari 12 sd 15 biji yang ditaburkan kita berharap akan tumbuh sekitar 10 butir biji kangkung seperti contoh pada gambar 7 dan 8.

4.Anda juga bisa melakukan penyortiran dengan menabur biji kangkung di atas kain flanel basah. Setelah 2 hari, pilihlah hanya biji yang berkecambah saja yang anda masukkan ke dalam netpot yg sdh diberi kain dacron, seperti contoh pada gambar 9 dan 10.

5.Penampakan tanaman 4 hari setelah semai dan Pada hari ke 5 sejak semai (hss) pindahkan ke dalam sistem dan mulai diberi nutrisi dan sudah layak untuk masuk dalam sistim hidroponik yang kita inginkan, seperti contoh pada gambar 11.

6.contoh pada gambar 12, Kangkung hampir panen umur 16 hari.

7.Panen pada usia sekitar 20 s/d 25 hari. Potensi berat minimal 200 gr per pot, contoh pada gambar 13.

Sumber. HPI

loading...