//Gampang! Ternyata Ini Cara Membuat Gambar / Dokumen Lamaran Kerja Menjadi Format PDF

Gampang! Ternyata Ini Cara Membuat Gambar / Dokumen Lamaran Kerja Menjadi Format PDF

Portable Document Format (disingkat PDF) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Pada Acrobat 3-D, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokumen tiga dimensi. PDF telah menjadi standar ISO pada tanggal 1 Juli 2008 dengan kode ISO 32000-1:2008.

Ketika pertama kali diperkenalkan pada tahun 1993, tingkat penggunaan dokumen berformat PDF relatif rendah. Pada saat itu perangkat lunak untuk membuat dokumen PDF (Adobe Acrobat) dan perangkat lunak untuk membacanya (Acrobat Reader, sekarang Adobe Reader) tersedia secara komersial, tidak didistribusikan gratis. Versi-versi awal bersejarah PDF tidak mendukung fasilitas pranala luar, yang membuatnya kurang terintegrasi dengan World Wide Web, dan penambahan besar ukuran berkas PDF pada paket data yang dikirimkan membuatnya lambat untuk diunduh (download) dengan tingkat kecepatan modem pada saat itu. Penyebab lain kekurangpopuleran PDF pada masa itu disebabkan karena format berkas PDF harus bersaing dalam tingkat penggunaannya dengan format lain seperti Envoy, Common Ground Digital Paper, dan PostScript (.ps). PostScript adalah format yang juga diciptakan oleh Adobe dan sebagian fungsinya diimplementasikan pada PDF. Laju peningkatan penggunaan dokumen PDF meningkat dengan pesat setelah Adobe mulai mendistribusikan perangkat lunak Acrobat Reader secara gratis. Mereka juga membebaskan siapapun untuk menciptakan aplikasi pembuat maupun pembaca dokumen PDF tanpa perlu membayar royalti kepada Adobe System selaku pemegang hak paten PDF.

Ada banyak cara digunakan untuk membuat berkas lamaran kerja menjadi pdf tapi pada artikel ini saya akan memberikan cara yang simpel dan tentunya tidak ada watermark di output atau hasil file lamaran kerja yang sudah menjadi pdf.

Alat yang kita gunakan adalah smartphone baik itu berOs android maupun ios, untuk lebih jelasnya perhatikan caranya di bawah ini:

  • Siapankan berkas lamaran kalian yang sudah lengkap seperti yang diminta perusahaan.
  • Scan menggunakan aplikasi Adobe scan yang dapat diunduh di Play Store maupun App Store.
  • Silahkan buka aplikasi lakukan registrasi akun terlebih dahulu 
  • Scan berkas lalu atur sesuai ukuran berkas yang diminta atau gabung dua berkas dalam satu file juga bisa contoh transkip nilai dan ijazah.
  • Klik Save jika sudah sesuai yang kita inginkan jangan lupa untuk mengganti nama file sebelum menyimpan
  • Silahkan simpan file yang sudah discan dengan menekan menu share atau more, jika menekan share silahkan pilih share a Copy atau jika memilih menu more silahkan pilih copy to device