//Pilih Mana! Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan? Ini Beda SMA dan SMK

Pilih Mana! Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan? Ini Beda SMA dan SMK

Masih banyak siswa yang bingung ketika memilih salah satu dari kedua pilihan sekolah ini. Sehingga tak jarang dari mereka yang merasa salah pilihan dan akhirnya mengendorkan semangat dalam belajar. Hal itu juga disebabkan karena mereka belum mengetahui tujuan yang jelas saat memilih SMA dan SMK. Kebanyakan siswa memilih hanya ikutan teman, gengsi-gengsian dan berjuta alasan yang tidak relevan dengan tujuan masa depan.
Nah untuk itu, berikut ini Saya akan menjelaskan perbedaan dari SMA dan SMK.

Tujuan Pendidikan

Pendidikan SMA dan SMK memiliki tujuan yang berbeda, meskipun prinsipnya sama-sama tempat belajar menimba ilmu. Pendidikan SMA ditujukan untuk fokus melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, sedangkan SMK lebih ditujukan untuk yang ingin terjun di dunia kerja dan bisa juga melanjutkan ke perguruan tinggi dengan jurusan yang relevan saat SMK.

Biaya Pendidikan

Biaya di SMA relatif lebih murah bila dibandingkan dengan pendidikan di SMK. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kegiatan praktik yang dilakukan saat menempuh pendidikan di SMK. Berbeda dengan di SMA yang lebih banyak pelajaran bersifat teori ketimbang praktiknya.
Jika siswa SMA lebih banyak menghabiskan biaya untuk membeli buku, maka siswa SMK lebih banyak menghabiskan biaya untuk melaksanakan praktikum.

Jurusan

Pilihan jurusan di SMK lebih banyak jika dibandingkan dengan pilihan jurusan di SMA yang tergolong sedikit. Jadi bila ingin fokus menekuni suatu bidang, lebih baik memilih SMK saja, karena banyak pilihan yang bisa dipilih sesuai dengan minat bakat. Hal ini juga dipengaruhi oleh tempat sekolah yang dipilih, tidak semua SMK memiliki banyak jurusan dan ada juga SMK yang memiliki jurusan variatif.

Tempat Belajar

Anak SMA lebih banyak belajar di kelas dengan mempelajari teori masing-masing jurusan. Sedangkan SMK, selain belajar di kelas juga banyak kegiatan praktik dilakukan di lapangan atau lingkungan kerja. Hal ini dilakukan saat kegiatan praktik kerja, tentu hal tersebut bisa memberikan pengalaman belajar yang lebih banyak.

Peluang di Masa Depan

Lulusan SMA dan SMK memiliki peluang yang sama untuk sukses di masa depan. Lulusan SMA atau SMK bisa melanjutkan untuk kuliah atau bisa juga bekerja. Tapi lulusan SMK lebih siap di dunia kerja, karena saat di bangku sekolah sudah mempunyai skill atau keahlian khusus yang dipelajari melalui kegiatan praktik magang.

Kesimpulannya:

Jika ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan maka SMA cocok untuk dipilih. Hal ini disebabkan karena pelajaran di SMA memang dipersiapkan sebagai dasar untuk mempelajari pelajaran yang lebih mendetail di perkuliahan. Jadi ilmu yang dipelajari masih permukaannya saja dan umum, belum mendetail. Sebaliknya, jika ingin langsung bekerja setelah menyelesaikan studi, maka jurusan SMK sangat tepat untuk dipilih. Ada banyak sekali jurusan di SMK, dan masing-masing SMK memiliki jurusan yang berbeda-beda. Biasanya sekolah akan mengadakan kerja sama dengan perusahaan atau institusi lain. Ini bertujuan untuk memenuhi tenaga kerja di institusi tersebut.