//Garam Himalaya: Garam Paling Murni di Dunia dan Manfaatnya bagi Kesehatan Manusia

Garam Himalaya: Garam Paling Murni di Dunia dan Manfaatnya bagi Kesehatan Manusia

loading...

Garam Himalaya merupakan salah satu garam paling murni yang ada di dunia. Garam ini bukanlah garam yang berasal dari laut seperti garam biasa, tetapi garam ini berasal dari tambang garam terbesar kedua di dunia yang bernama Khewra Salt Mine yang berada di kaki pegunungan Himalaya, Pakistan.

Berbeda dengan garam dapur, garam Himalaya tidak melalui proses pemurnian sehingga tidak ada zat tambahan yang ditambahkan ke dalamnya. Hal ini yang membuat garam Himalaya sangat murni dan mempunyai konsentrasi mineral dan warna yang masih alami yaitu pink atau merah muda. Warna yang dimiliki garam ini berasal dari kandungan zat besi yang ada di dalamnya.

Selain itu, garam ini juga mengandung lebih sedikit natrium dibandingkan dengan garam dapur. Dalam seperempat sendok teh, garam dapur mengandung 600 mg natrium, sedangkan garam Himalaya mengandung 420 mg natrium.

Sama halnya dengan garam dapur, garam Himalaya ini juga dapat digunakan sebagai bumbu dasar berbagai makanan. Lebih dari sekedar pemberi rasa bagi makanan, manfaat garam Himalaya ternyata sangat beragam. Adapun beberapa manfaat garam Himalaya, yaitu:

Mengandung banyak mineral

Garam ini mengandung hampir 80 mineral yang berbeda. Selain kandungan zat besi yang memberikan warna pink, garam ini juga mengandung mineral magnesium, kalsium, kalium, fosfor, klorida, boron, fluoride, yodium, seng, selenium, tembaga, dan masih banyak lagi. Mineral-mineral ini tentu diperlukan untuk tubuh.

Mengandung antimikroba

Antimikroba dalam garam selama ini dimanfaatkan untuk mengawetkan makanan. Namun, lebih dari itu ternyata antimikroba dalam garam juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Konsumsi garam Himalaya atau garam lainnya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu, menggunakan garam Himalaya untuk mandi atau dioleskan ke kulit juga dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur di kulit.

Detoksifikasi

Garam ini dapat membantu menarik racun keluar dari kulit dan jaringan lemak. Berendam dengan garam ini juga dapat membantu melemaskan otot-otot yang tegang setelah beraktivitas. Hal ini membuat tubuh menjadi lebih segar dan berenergi.

Manfaat lain

Manfaat lain dari garam Himalaya yaitu untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan, menjaga kesehatan pembuluh darah, kekuatan tulang, fungsi saluran pernapasan, ginjal, dan kandung empedu, menjaga keseimbangan tingkat keasaman tubuh, mencegah penuaan dini, menjaga keseimbangan gula darah, membantu mengontrol tekanan darah, membantu mengatasi gangguan pernapasan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Terlepas dari jenis garam yang dipilih, hal yang perlu diingat adalah perlunya membatasi jumlah garam yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya. World Health Organization (WHO) menyarankan konsumsi garam per hari adalah 3,5-4 gram. Jumlah ini sudah termasuk dengan makanan sehari-hari yang sudah mengandung garam, seperti keripik, kentang goreng, sosis, kornet, dan sejenisnya.

Konsumsi garam lebih dari batas tersebut dapat meningkatkan tekanan darah. Sebaliknya, asupan garam yang terlalu sedikit dapat menyebabkan tubuh kekurangan natrium, yang bisa berujung pada gangguan saraf dan penurunan kesadaran.

loading...