//Ikan-Ikan Ini Kaya Kandungan Lemak Omega-3 & 6, Protein dan Gizi Tinggi Untuk Meningkatkan Kecerdasan

Ikan-Ikan Ini Kaya Kandungan Lemak Omega-3 & 6, Protein dan Gizi Tinggi Untuk Meningkatkan Kecerdasan

loading...

Ikan adalah sumber makanan yang memiliki kandungan protein dan gizi yang tidak kalah dengan sumber makanan lainnya. Ikan termasuk makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak karena banyak mengandung lemak omega-3 dan omega-6 sehingga perlu disajikan sebagai santapan rutin keluarga.

Namun, tidak semua jenis ikan itu baik. Ada ikan yang mengandung metil merkuri yang justru dapat meracuni otak dalam skala besar. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui jenis ikan apa saja yang baik untuk kecerdasan dan yang paling penting adalah aman untuk dikonsumsi.

Berikut adalah beberapa diantaranya:

Salmon

Dalam setiap 100 gram ikan salmon terdapat 415 kalori, 46 gram protein, dan 23 gram lemak. Selain itu, salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 yaitu kandungan yang berperan besar dalam meningkatkan intelegensi. Kandungan lainnya yang terdapat dalam ikan salmon, seperti zinc, zat besi, niasin, vitamin B12 dan vitamin B6 merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak.

Ikan bandeng

Ikan bandeng merupakan ikan yang memiliki banyak gizi di dalamnya dan dijual dengan harga yang terjangkau. Dalam 100 gram ikan bandeng, terdapat 20 gram protein, 4,8 gram lemak, 123 kalori energi, dan asam lemak omega-3. Selain meningkatkan kecerdasan otak, kandungan omega-3 juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan daya penglihatan. Biasanya, ikan ini sangat disukai karena rasanya yang gurih.

Ikan cakalang

Ikan yang berprotein tinggi ini juga mengandung asam lemak omega-3. Kandungan dalam 100 gram ikan cakalang adalah 19,6 gram protein, 5,5 gram karbohidrat, 0,7 gram lemak, dan 107 kalori energi. Kandungan tersebut dapat meningkatkan daya ingat.

Ikan tuna

Kandungan omega-3 yang dimiliki oleh ikan tuna sangat tinggi. Ada juga ikan tuna yang kandungan omega-3-nya hampir sama dengan ikan salmon. Dalam 100 gram ikan tuna, terdapat 30 gram protein, 6 gram lemak, dan 184 kalori energi. Selain protein dan lemak, ikan tuna juga mengandung magnesium, kalium, fosfor, DHA, tiamin, dan vitamin B6 untuk menunjang kecerdasan otak.

Ikan patin

Ikan terakhir yang memiliki manfaat untuk perkembangan otak adalah ikan patin. Dalam setiap 100 gram ikan patin mengandung 132 kalori, 17 gram protein, 6,6 gram lemak, dan 1,1 gram karbohidrat. Ikan ini juga mengandung kedua jenis asam lemak omega-3, yaitu DHA dan EPA yang biasanya terkandung dalam ikan salmon dan tuna.

Demikian beberapa jenis ikan yang mempunyai peran penting dalam perkembangan otak. Ikan-ikan tersebut dapat diolah atau dimasak sesuai kreasi dengan tambahan bahan-bahan lainnya seperti sayuran untuk melengkapi kendungan nutrisinya.

loading...