//Jenis Jenis Tanah| Penting diketahui supaya penanamannya bisa tumbuh maksimal karena seusai dengan jenis tanahnya

Jenis Jenis Tanah| Penting diketahui supaya penanamannya bisa tumbuh maksimal karena seusai dengan jenis tanahnya

loading...

Bagi Petani , alangkah baiknya mengatahui jenis jenis tanah supaya penanamannya bisa tumbuh maksimal karena seusai dengan jenis tanahnya.
.

  • Regosol
    Tanah regosol terbentuk dari material yang dikeluarkan letusan gunung berapi yang belum mengalami perkembangan sempurna, tanah jenis ini bertekstur kasar dan berbahan organik rendah, sifat demikian membuat tanah tidak dapat menampung air dan mineral yang di butuhkan tanaman dengan baik. Tanaman yang cocok di tanah ini adalah tanaman palawija dan tersebar di Jawa, Sumatera dan Nusa Tenggara.
  • Tanah Litosol
    Tanah ini memiliki kedalaman yang dangkal dan peka terhadap erosi. Kandungan bahan organik tanah ini masih rendah, tanaman dan tempat penyebaran tanah ini seperti tanah regosol.
  • Tanah Latosol
    Tanah latosol terbentuk dari pelapukan batuan sedimen dan metamorf. Kandungan bahan organik tanah bisa berubah ubah dari sedang sampai tinggi, mampu menyerap air dengan baik sehingga cocok pada tanaman tebu, cokelat, kopi dan karet. Tanah ini tersebar di Jawa, Sumatera, Bali dan Sulawesi.
  • Tanah Grumusol
    Tanah grumusol terbentuk di ketinggian tidak lebih dari 300 mdpl dengan topografi yang berbukit. Tanah ini mampu menyerap air yang tinggi dan juga mampu menyerap hara yang di butuhkan tanaman, tanah ini cocok pada tanaman rumput rumputan dan banyak ditemui di Jawa, Sumatera Barat dan Nusa Tenggara Timur.
  • Tanah Alluvial
    Tanah aluvial terbentuk dari material halus yang di endapkan di aliran sungai. Kesuburan tanah alluvial tergantung pada sumber bahan asal aliran sungai, namun biasanya memiliki kandungan hara yang tinggi. Tanah ini cocok untuk tanaman padi, tebu, kelapa dan buah buahan dan tersebar di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Papua..
    Salam petani Kreatif.
    Semoga bermamfaat.
loading...