//Kenali Hal Ini Yang Menyebabkan Tanaman Tidak Kunjung Berbuah

Kenali Hal Ini Yang Menyebabkan Tanaman Tidak Kunjung Berbuah

loading...

Memiliki tanaman buah tentunya sangat menyenangkan, terlebih jika tanaman buah yang ditanam bisa menghasilkan buah yang segar dan lebat.

Namun, hal tersebut tidak selamanya bisa terjadi karena terkadang ada saja pohon buah yang tidak bisa mengeluarkan buah meski sudah tumbuh dengan subur dan sehat atau bahkan sudah berada dalam musimnya.

Pastinya, Anda akan bertanya-tanya mengapa tanaman buah yang sudah ditanam sulit berbuah atau bahkan tidak berbuah sama sekali.

Nah, sebelum mencari tahu penyebab tanaman enggan berbuah ada baiknya bagi Anda unrtuk mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi suatu tanaman agar dapat menghasilkan buah sesuai dengan yang diharapkan.

Berikut beberapa syaratnya:

  • Sifat tanaman harus sudah kita kenal betul, apakah bibit yang kita tanam memang merupakan bibit tanaman unggul yang mampu berbunga. Artinya, bibit tanaman tersebut bukan merupakan bibit keturunan tanaman mandul.
  • Makro-klimat tanaman terpenuhi. Artinya, lingkungan tempat tumbuh tanaman harus memenuhi syarat, baik iklim, tinggi tempat, unsur hara, curah hujan, maupun sinar matahari. Unsur hara yang paling berperan dalam proses pembungaan adalah unsur P (phosfor), oleh karena itu unsur ini harus betul-betul tersedia.
  • Mikro-klimat tanaman terpenuhi. Lingkungan di sekitar tanaman sehat dan memenuhi syarat hidup tanaman. Yang termasuk mikro-klimat antara lain keadaan kebun, keadaan air tanah, suhu, kelembapan udara, dan perlindungan tanaman terhadap hama dan penyakit.

Setelah yakin bahwa tanaman buah-buahan yang akan ditanam telah memenuhi syarat-syarat di atas, maka Anda bisa segera melakukan berbagai perlakuan untuk mempercepat terjadinya pembuahan. Misalnya dengan melakukan pemangkasan, pelukaan batang, pengairan, pemberian hormon, dan sebagainya.

Namun, apabila dengan segala perlakuan sudah dilakukan tetapi tanaman tetap tidak berbuah, itu berarti ada faktor-faktor lain yang mempengaruhinya. Untuk mengetahuinya, berikut ada beberapa faktor yang mungkin bisa menjadi penyebab kenapa tanaman buah tidak kunjung berbuah.

  • Tanaman buah yang ditanam belum mencapai batas umur untuk bisa berbuah. Setiap tanaman terutama tanaman buah memiliki batas umur masing-masing tergantung dari jenisnya.
  • Terjadinya mutasi gen yang membuat tanaman menjadi mandul dan tidak bisa berbuah lagi.
  • Pemupukan dengan pupuk N (nitrogen) terlalu berlebihan, sehingga tanaman masih tumbuh terlalu lebat dan terlalu rimbun. Tajuk tanaman kurang mendapat cahaya matahari sehingga proses fotosintesis kurang menghasilkan karbohidrat, akibatnya penimbunan karbohidrat pun tidak maksimum sehingga bunga yang terbentuk sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.
  • Masaknya bunga jantan dan bunga betina tidak bersamaan waktunya. Akibatnya, sebelum terjadi pembuahan salah satu bunga telah gugur. Misalnya pada pohon kelapa.
  • Tanaman yang dibudidayakan merupakan jenis tanaman yang bunganya hanya bisa menjadi buah apabila ada pohon berbunga jantan yang tumbuh di dekatnya (misalnya timun, melon, dan semangka).
  • Tanaman yang dibudidayakan merupakan jenis tanaman yang akan berbuah bila bunganya mendapat sari bunga dari pohon yang sejenis, misalnya beberapa jenis tanaman alpukat.
  • Penyemprotan pupuk daun dan power nutrition yang tidak tepat waktunya. Dalam hal ini adalah penyemprotan yang dilakukan pada saat tanaman sedang berbunga. Jadi sebaiknya penyemprotan tidak dilakukan pada saat tanaman sedang berbunga. Pemberian Power Nutrition pada saat bunga belum muncul minimal 2 bulan sebelum tanaman berbunga.
  • Beberapa hal lain yang mempengaruhi tidak munculnya buah walau memiliki bunga yang banyak adalah kurangnya nitrogen dalam tanah, kurang air, serangan hama dan penyakit tanaman, dan juga faktor cuaca yang kurang mendukung.

Demikian, beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengetahui alasan kenapa tanaman buah tidak kunjung berbuah. Semoga bermanfaat.

loading...