//Manual atau Dengan Perangkap! Ini Cara Mudah Atasi Serangan Ulat Buah Tomat

Manual atau Dengan Perangkap! Ini Cara Mudah Atasi Serangan Ulat Buah Tomat

Ulat buah tomat (Heliothis armigera Hรผbner) termasuk hama tomat yang cukup meresahkan. Pasalnya, hama ini dapat menyerang seluruh bagian tanaman tomat, mulai dari daun, bunga, hingga buah tomat. Bila hama sudah menyerang bagian buah, buah akan rusak karena dilubangi oleh ulat. Hama akan berpindah-pindah dari satu buah ke buah lain untuk membuat lubang.

Buah-buah yang sudah dilubangi perlahan-lahan akan menjadi busuk lunak karena sudah terinfeksi. Itu sebabnya ulat buah tomat perlu ditangani secepatnya karena serangannya berdampak langsung pada buah yang dihasilkan. Buah yang sudah terinfeksi tidak akan bisa dijual atau dikonsumsi. Selain itu, serangannya pada bagian-bagian tanaman tomat dapat membuat perkembangan tanaman menjadi terhambat.

Hama ulat buah tomat memiliki panjang kira-kira 4 cm dan akan semakin bertambah ketika berada di tempat yang bertemperatur rendah. Warna ulat buah tomat cukup bervariasi, mulai dari hijau, hijau kekuning-kuningan, hijau kecokelat-cokelatan, kecokelatan, hingga hitam.

Pada bagian samping tubuh ulat tampak garis bergelombang memanjang, warnanya terbilang lebih muda dari warna tubuhnya. Pada tubuhnya terlihat banyak kutil dan berbulu.

Telur ulat berbentuk bulat dan berwarna kekuning-kuningan mengilap. Warna tersebut akan berubah menjadi cokelat setelah berumur 2โ€“4 hari.

Ngengat dari ulat ini memiliki sayap yang kira-kira panjangnya mencapai 4 cm bila dibentangkan. Sayap bagian muka berwarna cokelat dan sayap belakang berwarna putih dengan tepi cokelat. Panjang badannya mencapai 1,5โ€“2,0 cm.

Hama ini dapat dikendalikan secara manual. Ulat-ulat yang terlihat berada di area pertanaman perlu dikumpulkan, dibakar, dan telur-telurnya dibunuh. Tanaman liar yang berada di sekitar areal pertanaman tomat perlu dibersihkan agar tidak menjadi tempat tinggal hama. Penyiangan gulma tak hanya mampu mencegah serangan hama ulat, tetapi hama-hama dan penyakit lain yang berbahaya bagi tanaman tomat.

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah memasang perangkap dengan menggunakan cahaya ultraviolet. Ngengat ulat ini sangat menyukai cahaya tersebut.