//Ubi Jalar Ungu Terkenal Kaya Akan Vitamin, Kalsium, Kalium, Magnesium, Fosfor, Zat Besi, Sodium, dan Potasium. Ini Sederet Manfaat Ubi Ungu bagi Kesehatan…

Ubi Jalar Ungu Terkenal Kaya Akan Vitamin, Kalsium, Kalium, Magnesium, Fosfor, Zat Besi, Sodium, dan Potasium. Ini Sederet Manfaat Ubi Ungu bagi Kesehatan…

loading...

Anda penggemar makanan dari bahan ubi ungu? Beruntunglah Anda, karena ubi ungu ini banyak sekali memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Ubi ungu berbeda dengan ubi jalar biasa. Selain dari kenampakan warna yang berbeda, ubi ungu memiliki aroma yang lebih khas. Begitu juga dengan rasanya yang bervariasi dari manis, agak manis, pahit, dan agak pahit.

Ubi ungu diketahui kaya dengan zat gizi makro seperti karbohidrat kompleks dan protein. Umbi ini juga kaya vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B6, B9 (folat), E, dan vitamin K. Begitu pula kandungan mineralnya yang beragam, dari kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zat besi, sodium, dan potasium.

Kadar mikronutrien umbi ini juga seimbang. Selain itu, kandungan lemak dalam ubi ungu juga sangat minim, bahkan dianggap tidak ada. Sebaliknya, ubi ini mengandung banyak serat makanan.

Yang membuat unik dari ubi ini adalah warna daging dan kulit luarnya yang keunguan yang disebabkan oleh adanya kandungan antosianin dan antioksidan. Kandungan ini pula yang sangat berkhasiat bagi kesehatan dan menyembuhkan penyakit.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari ubi ungu.

Membantu mengontrol gula darah

Flavonoid dalam ubi ungu terbukti mampu membantu menurunkan gula darah pada mereka yang menderita diabetes tipe 2. Ekstrak ubi ungu yang kaya flavonoid dapat mengurangi stres oksidatif dan resistensi insulin dengan melindungi sel-sel penghasil insulin di hati.

Meski manis, ubi ungu cenderung memiliki indeks glikemik rendah. Artinya karbohidrat yang ada pada ubi ungu dipecah menjadi gula secara perlahan sehingga menghasilkan pelepasan energi yang stabil bukan malah menyebabkan lonjakan kenaikan gula darah.

Mencegah kanker

Penelitian menunjukkan bahwa antosianin pada ubi ungu dapat mengurangi risiko pengembangan berbagai jenis kanker karena efek antioksidan, anticarcinogenik dan anti-inflamasi. Ini telah dibuktikan dalam percobaan penelitian in vitro dan in vivo pada manusia dan hewan. Studi menunjukkan bahwa anthocyanin memiliki kemampuan untuk melawan kanker secara alami dengan menghalangi proliferasi sel dan menghambat pembentukan tumor dengan mengganggu proses karsinogenesis.

Membantu menurunkan tekanan darah

Antioksidan dalam ubi ungu juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian tabung reaksi menemukan bahwa ubi ungu mengandung antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara yang mirip dengan obat penurun tekanan darah umum yang disebut inhibitor enzim pengonversi angiotensin.

Menjaga kesehatan usus

Manfaat ubi jalar ungu selanjutnya dapat membantu menjaga kesehatan usus. Dalam sebuah penelitan ditemukan bahwa kandungan karbohidrat kompleks dan sumber pati resisten yang terdapat dalam ubi jalar ungu dapat membantu produksi Bifidobacteria. Bifidobacteria merupakan bakteri baik dalam usus yang menjalankan beberapa fungsi.

Membantu menurunkan berat badan

Sama seperti jenis umbi lainnya, ubi ungu kaya akan serat sehat. Serat ini sangat baik bagi pencernaan dan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang sehat dikaitkan dengan berat badan yang ideal. Konsumsi ubi ungu juga bisa meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan yang memicu kenaikan berat badan.

Demikian, ragam manfaat serta kandungan nutrisi yang terkandung di dalam ubi jalar. Alangkah baiknya, mulai sekarang mencoba untuk mengonsumsi ubi jalar sebagai makanan utama atau camilan.

loading...