//Begini Cara Buat Giberelin Acid / GA3 Tablet Effervescent: hormon yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan tanaman

Begini Cara Buat Giberelin Acid / GA3 Tablet Effervescent: hormon yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan tanaman

loading...

GA3 atau giberelin acid merupakan suatu hormon yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan suatu tanaman pada saat-saat tertentu. Umumnya, hormon giberelin ini digunakan untuk merangsang tanaman agar cepat berbuah.

Giberelin ini dapat dihasilkan sendiri oleh tanaman secara alami. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika banyak juga produsen pupuk yang mulai memproduksi hormon ini sebagai input tambahan.

Di pasaran, GA3 banyak dijual dalam berbagai formulasi seperti, tepung, cair dan tablet. Untuk giberelin cair, umumnya petani bisa membuatnya sendiri dengan sangat mudah. Akan tetapi kalo untuk GA3 tablet, diperlukan skill, bahan dan tahapan khusus untuk membuatnya.

GA3 tablet dibuat dengan memadukan beberapa bahan kimia dan juga melalui beberapa macam tahapan. Pada prinsipnya pembuatan giberelin tablet hanya menggabungkan bahan asam dan bahan basa, sehingga akan bereaksi effervescentt (mudah larut dan mengeluarkan gelembung ketika dimasukkan ke dalam air).

Berikut adalah cara membuat GA3 tablet effervescentt:

Granul asam:

  • Acid Citric 20%
  • Lactose 20%
  • PVP K 25/30 2%
  • Alkohol 96 % 3%

Cara membuat granul asam adalah dengan melarutkan PVP K 25/30 ke dalam alkohol 96%, kemudian ditambahkan laktose dan Acid Citric.

Granul basa:

  • Sodium Bicarbonate 30%

Bahan lainnya:

  • GA3 20%
  • Magnesium Stearat 1%
  • Talcum 2%
  • HDK Wacker 2%.

Prosedur pencampuran:

Selanjutnya, granul asam dan basa dicampurkan dengan menambahkan GA3 20% + Magnesium Stearat 1% + Talcum 2% + HDK Wacker 2%. Setelah tercampur secara homogen, kemudian dicetak menjadi tablet yang kandungan airnya tidak boleh lebih dari 0,5%.

Sementara itu, cara mengaplikasikan GA3 pada tanaman adalah dengan sebagai berikut:

  1. Siapkan air 8 – 10 gelas aqua
  2. Masukkan ZPT GA3
  3. Aduk hingga merata atau larut sempurna
  4. Gunakan satu gelas larutan GA3 tersebut untuk satu tangki sprayer (karena ada 8 gelas maka tepat untuk 8 tangki)
  5. Semprotkan secara merata pada tanaman, usahakan permukaan daun bagian bawah juga terikut tersemprot.

Tulisan ini hanya sekedar informasi saja bagi para petani Indonesia, agar mereka tidak heran dan bisa paham tentang cara pembuatan giberellin tablet effervescentt.

Karena pada dasarnya, petani hanyalah pengguna yang membutuhkan GA3 dalam jumlah yang sedikit (sesuai kebutuhan tanaman saja). Yang perlu membuat tentunya adalah para produsen atau penjual GA3.

loading...