//Jangan Bingung Dengan Istilah PAUS atau MOON! Ini Daftar Istilah Yang Digunakan Dalam Dunia Kripto / Cryptocurrency

Jangan Bingung Dengan Istilah PAUS atau MOON! Ini Daftar Istilah Yang Digunakan Dalam Dunia Kripto / Cryptocurrency

Mata uang kripto adalah aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol proses pembuatan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset.

Mata uang kripto yang paling terkenal adalah bitcoin , selain bitcoin masih ada ribuan mata uang kripto, di antaranya ehtereum, litecoin, ripple, stellar, dogecoin, cardano, tether, monero, tron, dll. Mata uang kripto menggunakan kontrol terdesentralisasi sebagai lawan dari mata uang digital terpusat dan sistem perbankan sentral.

Kontrol desentralisasi dari masing-masing mata uang kripto bekerja melalui teknologi ledger terdistribusi, biasanya blockchain, yang berfungsi sebagai basis data transaksi keuangan publik. Bitcoin, pertama kali dirilis sebagai perangkat lunak sumber terbuka pada tahun 2009, umumnya dianggap sebagai mata uang digital terdesentralisasi pertama. sejak rilis bitcoin, lebih dari 4.000 altcoin (varian alternatif bitcoin, atau cryptocurrency lainnya) telah dibuat.

Dalam dunia crypto sering digunakan kata-kata yang tidak lazim didengar, seperti Whale/Paus, TP dll. Ini adalah daftar istilah yang digunakan dalam dunia crypto.


1.DUMP = Harga turun
2.PUMP = Harga naik
3.TP = Take Profit (mengambil keuntungan)
4.CL = Cut Lose (kebalikan dari tp)
5.HOLD = Dipendem, didiemin

6.DYOR = Do Your Own Research
7.SIDEWAYS = bullish dan bearish yang sama-sama kuat
8.RUGPULL = developer meninggalkan sebuah proyek begitu saja dan membawa kabur uang yang telah ditanamkan para investor.
9.UPTREND = Pasar dalam keadaan cenderung naik
10.DOWNTREND = Kebalikan Uptrend

11.ARBITASE = Memanfaatkan selisih harga antar market
12.CUKONG = secara umum artinya adalah orang yang mempunyai perusahaan besar ataupun modal yang besar di Indonesia, pokoknya orang yang duitnya banyak dehh, kalo disingkat BOSS. cukong ini sering kali digunakan untuk menyindir orang yg duitnya banyak atau yg nicknamenya sudah berwarna warni kaya pelangi.
13.WHALE = sebutan bagi para pedagang atau traders besar dalam pasar aset kripto atau crypto. Orang-orang ini digambarkan sebagai ikan paus alias whale. Para trader ini umumnya sudah memiliki aset kripto dalam jumlah besar, minimal 5% dari keseluruhan aset digital yang disimpan. memiliki kemampuan untuk memengaruhi harga aset kripto di pasar.
14.PAUS/WHALE itu bahasa Inggris yang artinya PAUS baca No.13
15.FUDDER = Orang yang suka menyebar berita buruk

16.FUD = strategi investor yang ingin menurunkan harga koin kripto agar mereka bisa membelinya dengan harga murah
17.KOREKSI = Setelah sebuah koin mencapai harga puncaknya, maka koin tersebut kemungkinan besar akan memasuki masa koreksi atau menurun ke harga yang stabil di level tertentu sebelum kembali mengalami kenaikan.
18.SCALPING = Scalping merupakan gaya trading untuk mendapat keuntungan/cuan/opit (profit) dalam waktu cepat. Mengingat harga aset kripto yang tidak pasti, maka cara ini bisa digunakan untuk mendapat keuntungan sedikit demi sedikit.
19.STAKING = Staking kripto digunakan oleh seorang pemilik koin yang ingin mendapatkan pasif income hanya dengan memvalidasi transaksi atau segala aktifitas yang ada di dalam sistem blockchain. Pemilik kripto harus mengunci koinnya terlebih dulu di wallet yang sah dan terpercaya. Aktifitas ini hanya bisa dilakukan di dalam blockchain yang menggunakan algoritma Proof of Stake (PoS).

20.LP = Pool likuiditas adalah kumpulan dana yang terkunci dalam smart contract. โ€ฆ Pengguna yang disebut penyedia likuiditas (LP) menambahkan nilai yang sama dari dua token dalam satu pool untuk menciptakan pasar
21.LIKUIDITAS = Dalam konteks cryptocurrency likuiditas dapat secara luas didefinisikan sebagai kemampuan koin untuk dikonversi menjadi uang tunai atau koin lainnya dengan mudah tanpa mengganggu harga.
22.BID = Nilai jual mata uang (koin) tertentu.
23.VOL = Volume atau jumlah total barang yang dijual di pasar tersebut.
24.FOMO = Fear Of Missing Out, dimana rasa takut untuk ketinggalan sebuah update.
25.POM-POM/PUMP-PUMP : Mengajak seluruh orang membeli aset agar harga naik.

26.MOON : Keadaan cryptocurrency meroket/ Naik sangat tinggi. Itu berarti orang-orang percaya bahwa harganya akan naik secara eksponensial.
27.SATOSHI = Satoshi merupakan nama depan pencipta Bitcoin yang digunakan sebagai istilah yang mengacu pada satuan terkecil Bitcoin. โ€œSatsโ€ merupakan sebutan dari istilah โ€œSatoshiโ€. Misalnya investor membeli Bitcoin seharga tertentu dan mendapatkan 0,00000001 BTC. Fraksi terkecil Bitcoin ini disebut Satoshi, jadi investor mendapatkan 1 Satoshi.
28.BLOCKCHAIN = Blockchain merupakan teknologi baru yang mendasari mata uang kripto dan berfungsi sebagai penyimpanan data digital yang aman dan terbuka. Blockchain seperti buku besar berisi data transaksi yang bisa diakses oleh siapa pun.
29.BULLISH = kondisi saat harga-harga aset yang ada di suatu pasar mengalami kenaikan. Pasar akan bullish jika didukung oleh situasi perekonomian yang juga kondusif.
30.BEARISH = situasi ketika harga aset sedang mengalami penurunan. Ciri-ciri dari tren bearish adalah pesimisme dari para investor terhadap harga pasar yang terus menurun, sehingga jumlah permintaan atau pembelian aset pun semakin rendah.

31.SHILL/SHILLING = merupakan upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk membangun opini agar orang lain berpikir bahwa cryptocurrency tertentu akan bernilai tinggi dan memiliki masa depan yang cerah
32.BAGHOLDER/SANGKUT/NYANGKUT = digunakan kepada trader yang gagal keluar saat terjadi pump and dump. Bagholder digambarkan kepada investor yang merugi karena memegang saham dengan performa jelek dalam waktu lama.
33.REKT = istilah bagi pemain kripto yang mengalami kesialan. Para trader menggunakan kata ini untuk investor yang membuat keputusan buruk dengan menjual atau membeli koin.
34.CIRCULATING SUPPLY = adalah perkiraan terbaik dari jumlah koin yang beredar di pasar dan di tangan masyarakat umum.
35.NYEROK = adalah aktifitas dimana kita membeli sebuah coin ketika dimana coin tersebut mengalami penurunan yg sangat amat drastis.

36.BURN = merupakan proses pembakaran untuk menghilangkan koin secara permanen dari peredaran, sehingga koin tersebut tidak dapat digunakan kembali. Coin burning yang dilakukan oleh developer tentunya untuk meningkatkan dan menstabilkan penilaian koin dan token. Contohnya adalah BNB atau Binance coin aset digital yang satu ini memiliki persedian sebesar 168 juta koin, jadi ketika permintaan meningkat maka harga dari Binance Coin juga akan ikut naik.
37.BURN MANDIRI = Orang bodoh yang membuang duit membakar coin/aset nya sendiri Dengan berharap akan menaikkan profit, INGAT Burn Hanya Dilakukan oleh DEVELOPER Bukan Burn Mandiri Apalagi Komunitas!! (Bukan profit yang kalian dapat tapi kegembelan)

Terakhir tetap gunakan uang dingin (uang nganggur yg tidak dipakai) jangan gunakan uang panas/beras karena harga crypto yang fluktuatif (High Risk High Return).