//Jeruk Sunkist Variegata, varian tanaman jeruk yang memiliki keunikan dan terlihat sangat menarik karena perbedaan yang ini…

Jeruk Sunkist Variegata, varian tanaman jeruk yang memiliki keunikan dan terlihat sangat menarik karena perbedaan yang ini…

loading...

Apakah Anda penggemar tanaman jeruk? Sudah pernah mendengar varietas baru bernama Sunkist Variegata? Jika belum, mari bersama-sama mengenal dan mempelajari karakteristiknya.

Jeruk Sunkist Variegata adalah salah satu varian tanaman jeruk yang memiliki keunikan dan terlihat sangat menarik. Kenapa?

Berbeda dengan tanaman jeruk pada umumnya, jeruk sunkist variegata memiliki warna buah dan daun yang belang yaitu hijau dan kuning. Warna belang ini muncul karena tanaman mengalami mutasi genetik dari jenis jeruk sunkist sebelumnya.

Dari segi rasa, jeruk Sunkist Variegata masih memiliki karakteristik yang sama dengan jeruk sunkist biasa, yaitu rasa masam manis yang menyegarkan. Jeruk variegata juga memiliki kadar air yang cukup banyak dengan jumlah biji yang tidak terlalu banyak. Ukuran buahnya sebesar jeruk siam / keprok pada umumnya.

Selain dapat dikonsumsi, tanaman jeruk ini dapat ditanam sebagai tanaman hias karena corak warna daun dan buahnya yang unik dan menarik. Umumnya, tanaman ini akan berbuah setelah memasuki usia 1 tahun setelah tanam.

Tanaman buah jeruk Sunkist Variegata ini dapat tumbuh optimal pada dataran rendah maupun dataran tinggi. Tinggi pohon jeruk variegata bisa mencapai 2 meter. Jika akan menaman tanaman jeruk ini, sebaiknya disiapkan terlebih dahulu bibit jeruk sunkist variegata yang berasal dari perbanyakan okulasi yang memiliki cabang mata tunas tempel, tinggi antara 30-45 cm dan umur bibit sekitar 4-5 bulan.

Untuk pemeliharaannya, tanaman jeruk ini tergolong relatif mudah dan tidak perlu perawatan yang khusus. Cukup melakukan penyiraman setidaknya satu kali setiap hari dan melakukan pemangkasan secara teratur untuk mengatur pertumbuhannya.

Pemangkasan berfungsi untuk memperbanyak cabang dan memudahkan proses fotosintesis sehingga memungkinkan banyak bunga dan buah yang muncul. Tindakan ini juga dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit apabila tampak ada tanda-tanda serangan penyakit atau hama pada tanaman.

Jeruk sunkist variegata sudah dapat diharapkan muncul buahnya pada usia satu tahun setelah penanaman. Untuk merangsang percepatan pembungaan dan pembuahan, dapat dilakukan tindakan alami dengan melakukan stress air, yaitu membiarkan tanaman mengalami sedikit kekeringan dengan tidak menyiraminya selama beberapa hari.

Setelah bunga muncul barulah tanaman kembali disirami dengan intensitas yang tidak terlalu sering. Dapat juga dilakukan perangsangan buah dengan memberikan hormon perangsang buah sesuai dosis yang diajurkan. Pemberian hormon ini dapat diulang satu bulan sekali setelah tanaman berusia satu tahun.

Demikian, penjelasan singkat tentang tanaman jeruk Sunkist Variegata. Jika Anda tertarik untuk membudidayakannya, Anda bisa mencoba membeli bibitnya di toko bibit setempat ataupun platform online lainnya.

loading...