//Kenali Perbedaan Antara Pupuk MKP dengan KNO3 Yang Mudah Larut Dalam Air

Kenali Perbedaan Antara Pupuk MKP dengan KNO3 Yang Mudah Larut Dalam Air

Pupuk MKP dan pupuk KNO3 sudah tidak asing lagi dan cukup familiar di kalangan petani, terutama petani hortikultura.

Pupuk MKP dan Pupuk KNO3 merah ataupun putih merupakan jenis pupuk majemuk berbentuk kristal yang mudah larut dalam air. Kedua jenis pupuk larut air (water soluble) ini lebih banyak digunakan sebagai pupuk pelengkap yang ditambahkan pada pupuk konvensional/pupuk granul.

Secara kasat mata, kedua jenis pupuk kristal ini jelas berbeda. Dilihat dari kemasannya saja sudah sangat berbeda. Banyak hal yang membedakan pupuk MKP dan pupuk KNO3. Apa saja perbedaan pupuk MKP dan pupuk KNO3 merah atau putih?

Berikut ini perbedaan antara pupuk MKP dan pupuk KNO3:

Beda nama MKP dan KNO3

Pupuk MKP adalah pupuk โ€œMono Kalium Phosphatโ€ sedangkan pupuk KNO3 adalah pupuk โ€œKalium Nitratโ€œ. Nama kedua jenis pupuk majemuk ini mencerminkan kandungan hara yang ada di dalamnya.

Beda kandungan hara pupuk MKP dan KNO3

Pupuk MKP (Mono Kalium Phosphat) sesuai dengan namanya memiliki kandungan unsur hara phospat (P) dan kalium (K). Sedangkan pupuk KNO3 Merah atau Putih mengandung unsur hara nitrogen (N) dan kalium (K).

Berikut ini tabel kadar kandungan hara pupuk MKP, KNO3 merah dan KNO3 putih:

Beda fungsi dan manfaat pupuk MKP dan KNO3

Pupuk MKP dan KNO3 memiliki kandungan hara yang berbeda, karena itu fungsi dan manfaatnya juga berbeda. MKP berfungsi dalam merangsang pertumbuhan akar, merangsang pembungaan dan mencegah kerontokan bunga dan buah. Sedangkan KNO3 merah berfungsi dalam meningkatkan pertumbuhan vegetatif dan KNO3 putih bermanfaat untuk mencegah kerontokan bunga dan buah serta meningkatkan kualitas buah.

Beda waktu aplikasi pupuk MKP dan KNO3

Kandungan hara yang berbeda, fungsi dan manfaatnya juga berbeda, maka waktu aplikasi pupuk MKP dan KNO3 pun juga berbeda. Pupuk MKP dan KNO3 putih cocok diaplikasikan saat tanaman memasuki masa pertumbuhan generatif, sedangkan pupuk KNO3 merah diaplikasikan pada masa pertumbuhan vegetatif.

Meski memiliki perbedaan, ketiga jenis pupuk ini dapat diaplikasikan pada tanaman dengan cara yang sama. Pupuk MKP, KNO3 putih dan KNO3 merah adalah pupuk water soluble yang 100% larut air dan cepat diserap oleh tanaman. Ketiga jenis pupuk majemuk ini dapat diaplikasikan dengan berbagai macam metode aplikasi, yaitu melalui penyemprotan ke daun, sistem kocor, sistem tabur maupun sistem hidroponik.

Referensi:

mitalom.com