//Kapan Sebaiknya Pindah Tanam Semaian Pada Hidroponik?

Kapan Sebaiknya Pindah Tanam Semaian Pada Hidroponik?

loading...

Banyak yg salah langkah disini.. banyak yg tanya, “kapan sudah bisa pindah tanam”.. dijawab, “kalau sudah berdaun 4.. ini memang betul sekali..
Tapi baiknya anda memahami prinsip dasar tanaman agar tumbuh sehat dan baik.. cukup nutrisi, air yg bagus, suhu yg ideal dan sinar matahari yang cukup…

Banyak pemula yang ‘gak sabaran’ , langsung pindah tanam saja jika sudah berdaun 4.. tidak masalah jika anda mengunakan netpot yg pendek.. sinar matahari bisa menyinari daun semaian..

Lain hal jika anda mengunakan netcup / gelas plastik yg tinggi.. sinar matahari pagi terhalangi dinding netcup.. hanya dapat sinar matahari kisaran jam 11- jam 1 siang.. selebihnya teduh..
Dibarengi dengan lamanya media tanam kena lembab air, semaian yg sudah bagus akan jadi busuk dan mati..

Tidak ada salahnya anda menggunakan netcup.. pastikan saja semaian anda tercukupi sinar mataharinya..

Tidak apa2 juga belum memindahkan semaian walau sudah berdaun 4.. menunggu hingga cukup besar dan tinggi, mengimbangi tinggi netcup/gelas.. bahkan ada yg masih ditempat semaian hingga 14 hari..

Beri saja nutrisi dosis rendah di semaian (500 PPM).. sama saja toh, dengan pindah tanam ke netpot/netcup? Dikasih nutrisi segitu juga? Tapi keunggulannya, semaian dapat lebih banyak sinar matahari jika masih di semaian dan blom pindah tanam…

Abaikan gambar ilustrasi yg seadanya di kertas yg gak jelas..

loading...