//Tips Menghilangkan Lumut pada Kolam Ikan| Salah satunya memelihara ikan pemakan lumut

Tips Menghilangkan Lumut pada Kolam Ikan| Salah satunya memelihara ikan pemakan lumut

loading...

Kolam ikan seringkali dijadikan sebagai hiasan ataupun bagian dari dekorasi rumah. Pemilik rumah yang sangat menyukai suasana alam, umumnya akan membuat kolam kecil yang unik dimana ikan dapat berenang-renang dengan indahnya.

Akan tetapi, untuk memliki kolam yang indah di dalam rumah, pemilik rumah perlu mengetahui cara merawat kolam ikan dengan baik dan benar. Salah satu kendala yang sering dialami adalah banyaknya alga atau lumut-lumutan yang muncul pada kolam ikan.

Lumut dan alga tersebut apabila dibiarkan secara terus menerus maka akan berpengaruh pada keindahan dan kesehatan ikan itu sendiri. Alga sendiri sebenarnya baik bagi ikan, akan tetapi jika jumlahnya terlalu banyak maka akan menimbulkan masalah kedepannya nanti.

Kolam diluar akan mudah terkena lumut karena pengaruh cuaca serta sering masuknya air hujan yang ikut tercampur pada kolam dari pada kolam indoor sehingga perlu diantisipasi atau di perbaiki.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ataupun mengurangi pertumbuhan lumut yang dapat mengganggu keindahan kolam dan juga kesehatan ikan yang sedang dipelihara.

Filterisasi air kolam

Filterisasi pada kolam pada dasarnya bertujuan untuk membuat air kolam menjadi bersih dan sehat kembali. Selain itu filterasi juga mempertahankan kualitas air tetap baik. Oleh karena itu, kolam ikan juga perlu menggunakan alat ini agar kondisi air tetap stabil.

Mengurangi populasi ikan

Mengurangi populasi ikan bisa menjadi cara alami dalam membersihkan lumut di kolam ikan dengan mudah. Populasi ikan yang terlalu banyak dan tidak sesuai dengan volume kolam akan mempercepat air menjadi keruh. Hal ini disebabkan oleh kotoran ikan yang dihasilkan sehingga cepat mendatangkan lumut untuk tumbuh dan berkembang biak.

Memelihara ikan pemakan lumut

Cara alami menghilangkan lumut di kolam ikan selanjutnya adalah memelihara spesies ikan yang gemar mengonsumsi lumut dan ganggang hijau. Ikan pemakan lumut kolam diantaranya adalah ikan mas, nila, koi, sapu-sapu, dan jenis ikan pemakan lumut lainnya. Jangan terlalu banyak menghadirkan jenis ikan tersebut agar ikan utama tidak merasa terintimidasi.

Mengurangi sinar matahari

Kolam air yang lebih sering terkena sinar matahari akan lebih mudah ditumbuhi lumut. Oleh karena itu, peletakkan kolam ikan sebaiknya di tempatkan pada tempat-tempat teduh yang sinar mataharinya lebih tersaring.

Menanam tumbuhan air

Tumbuhan air merupakan cara yang tepat untuk dijadikan pesaing bagi lumut dalam memperebutkan nutrisi di dalam air. Beberapa jenis tanaman air seperti enceng gondok dan teratai dapat ditambahkan untuk mencegah timbulnya lumut pada kolam ikan. Selain itu, tanaman air ini juga akan menambah keindahan kolam ikan di rumah.

Menambahkan zeolit

Tambahan lainnya, bisa dengan meletakkan karbon aktif dan batu zeolit sebagai penyerap zat-zat berbahaya salah satunya reduksi ammonia. Menambah lampu ultra violet juga bisa menjadi salah satu solusi karena memang keberadaan ultra violet tidak sesuai dengan lingkungan hidup algae. Algae yang terpapar ultra violet akan menggupal dan mati, sehingga gumpalan dapat mudah disaring.

Demikian adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengurangi pertumbuhan lumut berlebih di dalam kolam ikan. Selamat mencoba, semoga berhasil.

loading...